News Breaking
wb_sunny

Breaking News

8 Ciri Ciri Awal Kehamilan yang Kadang Tidak Disadari

8 Ciri Ciri Awal Kehamilan yang Kadang Tidak Disadari

8 Ciri Ciri Awal Kehamilan yang Kadang Tidak Disadari

8 Ciri Ciri Awal Kehamilan yang Kadang Tidak Disadari

Bagi pasangan yang baru merasakan kehamilan, tentu akan cukup sulit mengetahui ciri-ciri kehamilan. Hal ini karena setiap wanita memiliki tanda kehamilan yang berbeda-beda. Ada yang menunjukkan tanda dan gejala kehamilan, ada pula yang tidak. 

Untuk itulah, penting kiranya mengetahui apa saja ciri-ciri awal kehamilan sehingga dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin demi kesehatan calon janin dalam kandungan. 

Ciri Ciri Orang Hamil Paling Umum yang Harus Diketahui

Secara umum, terdapat beberapa tanda dan ciri-ciri yang muncul pada saat wanita sedang hamil. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Terlambat Menstruasi

Terlambat menstruasi adalah gejala kehamilan yang paling umum terjadi. Biasanya wanita hamil tidak akan mengalami menstruasi 4 – 5 hari sejak tanggal seharusnya. Sangat jelas perbedaan terlambat haid dengan hamil dapat kita rasakan dengan sendirinya.

Namun perlu diketahui, terlambat menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, stress, dan sebagainya. Jadi Anda pun harus cukup tahu, apakah kondisi terlambat menstruasi tersebut disebabkan oleh pembuahan sel telur oleh sperma atau faktor lainnya. 

2. Perubahan Bentuk Payudara dan Puting

Pada saat awal kehamilan, terjadi perubahan payudara dan puting yang diakibatkan oleh peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron. Gejala ini diikuti oleh kondisi menstruasi yang terhenti. Perubahan ini juga termasuk ciri ciri hamil sebelum telat haid ya.

Umumnya, payudara wanita hamil terasa lebih kencang, bahkan terkadang muncul rasa nyeri, tidak nyaman, dan menjadi lebih sensitif. Selain itu, warna puting akan semakin memerah dengan bentuk menonjol serta area sekitar puting (areola) berwarna lebih hitam. Ini merupakan tandatanda awal kehamilan yang bisa dirasakan. Namun, hal ini juga dapat menjadi ciri ciri awal kehamilan saat menyusui ya bun.

3. Mual dan Muntah

Tanda tanda kehamilan yang berikutnya adalah munculnya rasa mual dan muntah atau morning sickness. Umumnya, gejala ini muncul di pagi hari sebelum atau setelah sarapan. Namun tidak menutup kemungkinan gejalanya muncul di siang, sore, atau malam hari. Mual dan muntah merupakan tanda awal kehamilan pada perut yang sering dan sangat umum dialami, bahkan di film - film pun hal ini yang sering kita lihat.

4. Tubuh Cepat Merasa Lelah dan Lemas

Ibu hamil biasanya akan mengalami rasa lelah yang luar biasa, terutama saat usia kandungan baru 1 minggu. Ha ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesterone yang membuat calon ibu merasa lebih mudah lelah, lemas, dan mengantuk. Kondisi ini merupakan ciri ciri hamil seminggu atau ciri ciri hamil satu minggu yang dialami oleh calon ibu. Namun kebanyakan ciri hamil telat 3 hari juga mengalami tubuh cepat lelah dan lemas.

5. Sering Buang Air Kecil

Ciri ciri awal kehamilan yang selanjutnya adalah sering buang air kecil. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar 6 – 8 minggu setelah proses pembuahan. Hal ini merupakan perut tanda tanda hamil yang biasa dialami. Dan sering buang air kecil bisa dikategorikan kedalam ciri2 hamil muda loh.

Naiknya intensitas buang air kecil disebabkan oleh tingginya hormon chorionic gonadotropin (hCG) yang membuat kandung kemih lebih sensitif sehingga sulit menahan rasa ingin buang air. 

Bahkan dalam beberapa kasus, refleks tubuh yang diakibatkan oleh batuk, bersih, tertawa, dan sebagainya dapat membuat seorang wanita hamil ngompol tanpa sadar. 

6. Sembelit

Awal kehamilan pada wanita ditandai dengan sulit buang air besar atau sembelit, namun hal ini sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun pada awal kehamilan, seorang ibu akan mengalami sembelit akibat kenaikan hormon progesterone. Hal tersebut membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat sehingga feses sulit keluar. Hal ini merupakan tanda tanda hamil yg tidak disadari atau gejala awal hamil oleh kebanyakan orang.

7. Mood Swing atau Perubahan Mood

Perlu diketahui, tidak semua ibu hamil mengalami mood swing atau perubahan mood secara tiba-tiba. Namun hal ini dapat menjadi salah satu ciri ciri awal kehamilan, terutama apabila diikuti oleh gejala kehamilan lainnya. 

Mood swing disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan wanita hamil lebih rentan mengalami perubahan emosi yang tidak stabil, gelisah, hingga mudah marah. 

8. Indera Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Menurut jurnal Frontiers in Psychology, sensitivitas hidung dalam mencium bau atau aroma akan meningkat drastis selama masa kehamilan tiba. Bahkan ketika mencium bau tertentu, ibu hamil dapat merasa mual, muntah, pusing, bahkan perubahan pada suasana hatinya. 

Contohnya adalah sebelum hamil, seorang wanita suka aroma wangi parfum yang biasa mereka kenakan. Namun saat hamil, aroma wangi parfum tersebut terasa lebih peka sehingga membuat tubuh merasa tidak nyaman. 

Itulah garis besar tanda dan ciri-ciri awal kehamilan yang terkadang tidak disadari. Selain ciri umum di atas, untuk memastikan bahwa terdapat janin pada kandungan, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter sehingga dapat memperoleh penanganan yang tepat, baik untuk ibu dan calon buah hati.

BACA JUGA : Daftar Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar