News Breaking
wb_sunny

Breaking News

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Tak Boleh Dilewatkan

Dari sekian banyak instrument, investasi emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini karena nilai jual emas yang cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. 

Tak heran apabila banyak orang yang mulai mencari bagaimana tips investasi emas untuk pemula. Pasalnya, apapun jenis investasi yang digunakan, seorang investor yang cerdas harus cermat dalam memilah dan memilih jenis investasi agar tidak mengalami kerugian.

Lalu bagaimana tips investasi emas untuk pemula agar benar-benar dapat menghasilkan? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:

Cara Investasi Emas agar Untung

Sebagai jenis investasi yang semakin populer dari waktu ke waktu, terdapat beberapa tips investasi emas untuk pemula. Di antaranya adalah:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Langkah paling utama dalam kegiatan investasi adalah menentukan apa tujuannya, apakah untuk tabungan di hari tua, dana darurat, biaya pendidikan, atau pun alasan lainnya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin berinvestasi emas. 

Selain itu, memiliki tujuan dalam berinvestasi juga akan memudahkan dalam penyesuaian budget serta jangka waktu investasi yang akan dilakukan. 

BACA JUGA : Cara mengatasi masalah kulit kering dengan cara tradisional

Hal ini karena investasi emas cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Seperti yang dijelaskan di atas, dari tahun ke tahun harga emas cenderung mengalami kenaikan sehingga semakin lama Anda berinvestasi, semakin besar pula peluang mendapatkan keuntungan. 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Financial

Setiap orang memiliki kemampuan financial yang berbeda satu sama lain. Anda harus dapat menghitung secara cermat seberapa besar kemampuan dalam berinvestasi agar tidak mengganggu budget dan kebutuhan bulanan. 

Umumnya, financial planner akan menyarankan 10 – 20 % angka dari total penghasilan untuk investasi atau tabungan. Contohnya apabila penghasilan Anda Rp 10 juta per bulan, maka budget investasi berkisar di angka Rp 1 – Rp 2 juta.

Hal yang perlu diingat adalah investasi bukan tempat untuk menyimpan pendapatan, namun sebagai dana yang dapat disisihkan tanpa mengganggu kebutuhan bulanan. 

3. Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Tips investasi emas bagi pemula yang selanjutnya adalah pastikan Anda membeli emas di tempat terpercaya, baik secara online maupun offline. 

Saat ini ada banyak platform dan aplikasi yang memudahkan dalam jual-beli emas. Namun Anda tetap harus melakukan kroscek apakah platform tersebut terpercaya atau tidak. 

Layanan penyedia produk investasi emas yang terpercaya, umumnya diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan) Indonesia. Jangan sampai Anda salah memilih layanan dan tertipu oleh situs dan aplikasi investasi bodong.

4.  Rutin Memantau Harga Pergerakan Emas

Tips yang berikutnya adalah memantau pergerakan harga emas. Perlu diingat, perubahan fluktuasi harga emas dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan di pasar global. Selain itu, harga instrument investasi emas juga mengacu pada harga pasar dunia dengan satuan USD. 

Dalam hal ini, Anda tak perlu mengecek pergerakan emas setiap hari. Cukup ketahui berita-berita global atau global news yang dapat berpengaruh pada harga emas. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi kondisi naik-turunnya harga emas serta memperkirakan keuntungan investasi emas dalam jangka satu atau beberapa tahun ke depan. 

5. Mulai dari Sekarang

Ini adalah tips paling penting dalam berinvestasi. Umumnya, seseorang akan memiliki niat investasi saat gajinya menyentuh angka sekian juta atau berapapun yang dinilai cukup. Padahal kunci dari investasi adalah memulainya sedini mungkin. 

Semakin cepat Anda berinvestasi, semakin besar pula kemungkinan dalam mendapat keuntungan namun harus tetap berhati-hati dan meminimalisir resiko kerugian. 

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, banyak platform dan aplikasi investasi emas yang dapat ditemukan. Mulai dari Rp 10 ribu saja, Anda sudah dapat menginvestasikan pendapatan untuk membeli emas. 

Itulah sedikit informasi singkat mengenai tips investasi emas untuk pemula yang dapat Anda terapkan dalam mengatur keuangan serta mempersiapkan dana darurat untuk hari tua. Semoga bermanfaat. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar